Pengertian Flowchart Beserta Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Flowchart Dan Fungsinya


Pengenalan :
InfoLuang - Bagi seorang pemula atau seorang yang sedang mempelajari ilmu di bidang IT, pasti akan di kenalkan terlebih dahulu dengan yang namanya Flowchart. contohnya saya sendiri, saya adalah seorang Mahasiswa dari Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, yang kebetulan saya baru tingkat pertama jurusan Teknik Informatika. pada awal-awal masuk kuliah/pelajaran, saya dikenalkan terlebih dahulu dengan apa yang disebut dengan Flowchart dan fungsi-fungsi dari flowchart itu sendiri. dan penjelasannya sangat mencengangkan kawan. Hehehee, bercanda sedikit biar tidak tegang :v .

jika kalian ingin tahu penjelasan tentang flowchart, simak ulasannya dibawah ini. Untuk kalian yang bertanya-tanya Apa Itu Flowchart ?, saya akan mengulasnya disini sesuai dengan pemahaman yang saya terima.

Pengertian Flowchart Beserta Fungsi Dan Contohnya


Pengertian

Flowchart adalah Suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang saling terhubung satu sama lain, yang menggambarkan suatu alur proses dari sebuah program. Dan berikut merupakan simbol-simbol yang umum digunakan untuk menggambar suatu Flowchart beserta Fungsinya.

Simbol-Simbol Pada Flowchart :


Simbol
Nama
Fungsi
TerminatorDigunakan sebagai tanda diawali/diakhirinya suatu Flowchart.
Garis AlirMenghubungkan antar Simbol dan sebagai penunjuk Arah Aliran Program.
Input/Output DataMenggambarkan Proses Input/Output Data, Parameter, Informasi.
ProsesDigunakan Sebagai Proses Perhitungan/Proses Pengolahan Data.
DecisionDigunakan Jika ada Perbandingan pernyataan, Penyelesian data yang memberikan Pilihan untuk langkah selanjutnya.

Sebenarnya, masih cukup banyak sih simbol-simbol flowchart lainnya. namun, yang paling sering atau umum digunakan adalah simbol-simbol yang berada diatas tersebut.

sebelum menginjak ke tingkatan yang lebih sulit tentang pemrograman, flowchart sangat cocok diperkenalkan kepada seorang pemula. Sebagai mata pelajaran tingkat mendasar, Flowchart juga memiliki peran yang cukup penting bagi sebuah pembangunan suatu program. Flowchart biasanya digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan Alur kerja & Prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. namun untuk seorang master, flowchart dianggap tidak terlalu penting. biasanya seorang master memilih langsung turun tangan untuk Coding, daripada membuat Flowchart terlebih dahulu. mereka bisa membayangkan alur-alur kerja sistem sambil Coding dan tentunya lebih menghemat waktu mereka. bagi kita seorang pemula disarankan untuk membuat flowchart saja, sebelum membuat suatu program. hal ini juga untuk melatih logika kita dan memudahkan untuk langkah selanjutnya yaitu membuat program.

Saya akan membuatkan contoh soal sederhana dan menunjukkan pada kalian contoh flowchart dari soal tersebut, mari simak contohnya dibawah ini.

Contoh Flowchart

Soal :





Bentuk Flowchhart :

Flowchart Beserta Fungsi Dan Contohnya

penjelasan : buatlah 2 buah inputan, di flowchart tersebut inputan pertama akan disimpan di variabel x, dan inputan kedua di variabel y. (Variabel merupakan suatu obyek yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai). kemudian jumlahkan inputan x dan inputan y, hasil dari penjumlahannya akan disimpan ke variabel p, penulisannya seperti yang berada pada simbol proses pertama yaitu [p=x+y]. setelah itu, jika nilai p lebih besar dan sama dengan 0 maka x akan dikalikan dengan y. penulisannya seperti yang berada pada simbol decision yaitu [p>=0]. jika lebih besar = 0, maka akan dibawa ke opsi yes. dan terjadi proses lagi yaitu x kali y, yang kemudian akan disimpan ke variabel q. penulisannya seperti ini [q=x*y]. dan jika hasil penjumlahannya kurang dari 0 maka akan di eksekusi ke opsi no, yaitu dibagi. penulisannya seperti berikut [q=x/y]. untuk menampilkan nilai q gunakan simbol output lalu pilih variabel q. selesai..

jika kalian belum paham pada penjelasan diatas, sebaiknya kawan coba latihan saja sendiri, semakin banyak mencoba kalian akan semakin paham nantinya. untuk latihan membuat flowchart, kalian bisa menggunakan software yang bernama FLOWCHART VISUAL PROGRAMMING. software tersebut cukup mudah digunakan dibanding dengan software-software flowchart lainnya, dan lebih cocok digunakan untuk para pemula seperti kalian ini.

saya kira saya harus mengakhiri dulu pertemuan kali ini. semoga ilmu yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. terus kunjungi blog saya ini dan dapatkan lebih banyak informasi menarik dan ilmu-ilmu lainnya. sampai jumpa lagi di lain kesempataaan. makasih. Download Anime Sub Indo Dahhh....

Thanks to : yonkounime

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Fungsi-Fungsi Tombol Pada Keyboard Komputer